Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Search

FMIPA UNHAS Gelar Pembukaan ONMIPA-PT 2024

Makassar, Senin 13 Mei 2024, Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama FMIPA Unhas menyelenggarakan kegiatan Pembukaan Olimpiade Nasional Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2024. Bertempat di Gedung Prof. A. Amiruddin Universitas Hasanuddin, kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 WITA. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 12-17 Mei 2024.

Kegiatan ONMIPA ini diikuti sebanyak 260 peserta dari 89 Universitas di seluruh Indonesia. Para peserta ini merupakan para mahasiswa yang telah lolos seleksi di tingkat wilayah, sehingga layak mengikuti kompetisi ditingkat nasional.

Kegiatan pembukaan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jujur itu Juara yang di Pandu Oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unhas, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Tari Tradisional dari UKM Tari Unhas, serta penampilan dari para pemenang Lomba Menyanyi Unhas dengan membawakan lagu daerah.

Ketua Panitia ONMIPA-PT 2024 yakni Dr. Eng. Amiruddin, S.Si., M.Si. dalam laporannya menyampaikan “kegiatan olimpiade nasional ini nantinya akan berlangsung selama 4 hari dimulai dari tanggal 13 yaitu pembukaan, tanggal 14 dan 15 Mei yaitu pelaksanaan lomba, kemudian ditanggal 16 Mei akan ada kegiatan eksklusif yaitu ramah tamah. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 260 peserta terdiri dari 89 Perguruan Tinggi di Indonesia. Para peserta telah mengikuti seleksi tingakat wilayah yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Mei 2024, yang dilakukan secara online”. Ucap Amiruddin.

Rektor Unhas yakni Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. dalam sambutannya mengungkapkan “jadikanlah kegiatan ONMIPA ini bukan hanya sebagai ajang berkompetisi untuk meraih medali perak maupun emas tapi sebagai ajang untuk membangkitkan gairah baru, semangat baru bahwa Indonesia tidak boleh membiarkan negara yang besar ini tertinggal dalam bidang sains. Ingat tidak ada inovasi tanpa adanya basic sains” Ucap Prof JJ.

See also  UNHAS Tuan Rumah dalam Penyelenggaran Kegiatan ONMIPA-PT Tahun 2024

Setelah sambutan dari para pimpinan, kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan gendang oleh Rektor Universitas Hasanuddin sebagai bentuk pembukaan secara resmi. Yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan atribut kepada para peserta dan juri yang mewakili, serta foto bersama. Setelah kegiatan pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Technical Meeting yang dibagi berdasarkan bidangnya masing-masing yakni Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top